“Luarbiasa !!! Dahsyatnya Khasiat Daging Belut Yang Perlu Diketahui”

 AB
Apakah Anda sukai mengonsumsi belut? Bila iya, jadi Anda termasuk juga orang yang mujur lantaran walau belut mempunyai bentuk yang menjijikkan untuk beberapa orang tetapi memiliki kandungan zat gizi yang sangatlah tinggi.

Belut atau Monopterus albus disadari banyak mempunyai faedah untuk kesehatan manusia. Di Indonesia sendiri, ada tiga type belut yaitu belut sawah, belut bermata sangatlah kecil, serta belut rawa.

Belut sawah adalah type belut yang paling familiar di kelompok orang-orang kita serta termasuk juga yang banyak dikonsumsi. Sedang belut rawa mempunyai jumlah yang terbatas serta kurang familiar di kalangan masyarakat.

Tidak cuman yang hidupnya di sawah, rawa atau kali, belut juga sudah dilirik oleh bidang industri untuk dibudidayakan. Sebagian besar budidaya belut ditujukan untuk keperluan mengkonsumsi.

Belut mempunyai nilai daya yang cukup tinggi yaitu 303 kilo kalori per 100 gr daging. Nilai dayanya sendiri tambah lebih tinggi dibanding telur serta daging sapi. Berikut adalah beberapa zat yang terdapat didalam belut yang sangat berguna untuk badan manusia.

Protein

Daging belut mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dari telur serta setara dengan kandungan protein daging sapi yaitu 18, 4g/100 gr. Demikian dengan juga nilai cerna protein pada belut yang juga sangatlah tinggi hingga sangatlah pas untuk jadikan sumber protein untuk seluruhnya grup umur, termasuk juga anak-anak.

Leusin

Belut juga memiliki kandungan leusin yang berguna untuk lakukan perombakan serta pembentukan protein otot.

Arginin

Belut memiliki kandungan arginin atau asam amino non esensial yang bisa merubah hormon perkembangan manusia yang kerap dimaksud dengan human growth hormone (HGH). HGH bisa menolong kesehatan otot serta kurangi terjadinya penumpukan lemak badan. Hasil uji laboratorium juga tunjukkan bahwa arginin berperan menghalangi perkembangan beberapa sel kanker payudara.

Zat Besi

Belut juga sangatlah kaya zat besi di mana terdapat 20 mg/100 gr. Kandungannya itu lebih tinggi dibanding dengan zat besi pada telur serta daging. Maka dari itu, dengan konsumsi 125 gr daging belut /hari telah bisa penuhi keperluan bakal zat besi yaitu 25 mg /harinya. Zat besi ini sangatlah dibutuhkan oleh badan untuk menghindar anemia.

Fosfor

Belut juga sangatlah kaya fosfor serta nilainya dapat 2 x lipat dibanding kandungan fosfor pada telur. Tanpa ada hadirnya fosfor, kalsium tidak bisa membuat massa tulang. Karenanya, mengkonsumsi fosfor mesti berimbang dengan kalsium supaya tulang jadi kokoh serta kuat hingga terlepas dari osteoporosis. Didalam badan, fosfor yang berupa kristal kalsium fosfat biasanya (seputar 80 %) ada dalam tulang serta gigi.

Kaya Vitamin

Belut juga sangatlah kaya pada beragam jenis vitamin seperti vitamin A serta vitamin B. Kandungan vitamin A-nya termasuk juga tinggi yaitu 1. 600 SI per 100 gr hingga sangatlah baik untuk pemeliharaan sel epitel. Sedang vitamin B yang juga kaya akan dalam belut sangatlah berguna untuk kofaktor dari satu enzim hingga enzim itu bisa berperan normal didalam sistem metabolisme badan.

Lemak
Diantara grup ikan, belut dikelompokkan juga sebagai yang berkadar lemak tinggi. Kandungan lemak pada belut nyaris setara dengan lemak pada daging babi (28 g/100 gr). Menurut publikasi yang dikeluarkan oleh Singapore General Hospital, belut termasuk juga makanan berkolesterol tinggi serta harus untuk diwaspadai jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu berlebih.

Dengan adanya banyak faedah serta kandungan gizi dalam belut, tak salah bila mulai saat ini Anda memasukkan belut dalam daftar menu Anda. Tetapi, ingat! Apa pun itu, termasuk juga daging belut, baiknya tak dikonsumsi secara berlebihan mengingat bahwa daging belut mengandung cholesterol

 Twitter  Facebook  Google+
“Luarbiasa !!! Dahsyatnya Khasiat Daging Belut Yang Perlu Diketahui” “Luarbiasa !!! Dahsyatnya Khasiat Daging Belut Yang Perlu Diketahui” Reviewed by Unknown on 18.25 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.